Anggota Nus Kei Tewas Ditembak Kelompok John Kei di Bekasi, Begini Kronologinya

waktu baca 2 menit
Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Titus Yudho Uly. Foto/Istimewa

JAKARTA – Polda Metro Jaya mengungkap kasus penembakan pria asal Jakarta Barat berinisial GR (44) hingga tewas di Medan Satria, Kota Bekasi. Kejadian ini melibatkan kelompok Nus Kei dan kelompok Jhon Kei.

Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Titus Yudho Uly menjelaskan, kejadian berawal ketika kelompok Nus Kei melakukan penyerangan terhadap kelompok John Kei. Kelompok John Kei yang mengetahui informasi penyerangan itu lalu mempersiapkan diri.

“Menurut keterangan dari pihak John Kei, mereka dapat informasi akan diserang oleh kelompok Nus Kei,” kata Titus kepada wartawan, Rabu (1/11/2023).

Kelompok Nus Kei datang ke lokasi menggunakan sebuah mobil berisi enam orang, lengkap dengan senjata tajam dan senjata api.

”Mereka dapat info, datanglah mobil ini, parkir, turun enam orang. Korban turun sudah bawa parang. Sebelum mereka (kelompok Nus Kei) datang, kelompok John Kei sudah tahu bahwa mereka mau diserang. Mereka sudah siap dengan batu, parang, dan senjata api,” ungkapnya.

”Begitu mereka (kelompok Nus Kei) datang, korban turun bawa parang, langsung ditembak (kelompok Jhon Kei). Mereka alasannya mau diserang, ini ada anak istri kami,” katanya.

Kelompok Nus Kei sempat mencoba membawa korban atau menolong rekan mereka itu dari lokasi kejadian ke rumah sakit terdekat. Sementara kelompok John Kei langsung meninggalkan lokasi kejadian.

Kasus penembakan ini dipicu konflik lama kelompok John Kei dan Nus Kei. Hanya saja, Titus belum dapat menjelaskan lebih detail terkait konflik seperti apa yang terjadi antarkedua kelompok tersebut.

Diketahui, aksi penembakan ini terjadi di Kavling Rawa Bambu Bulak, Jalan Melati 3, Medan Satria, Kota Bekasi pada Minggu, 29 Oktober 2023. Ditreskrimum Polda Metro Jaya kemudain menangkap empat orang yang terlibat dalam aksi penembakan maut itu.

Tim gabungan Satreskrim Polres Bekasi dan Ditreskrimum Polda Metro Jaya masih mendalami peran masing masing terduga pelaku yang mana terjadi di wilayah Kota Bekasi. ”Masih pendalaman, terkait peran masing-masing,” imbuhnya.

Keempat pelaku yang ditangkap yakni FOU yang ditangkap di Cibinong, Kabupaten Bogor. FOU ditangkap pada Selasa, 31 Oktober 2023. Kemudian EU, MW, dan PM alias O yang ditangkap di sejumlah lokasi yang berbeda. (REA)