Cuci Bersih Tanpa Risih: Inovasi Tel-U untuk Tingkatkan Fasilitas di SLB Kuntum Mekar 01 Cengkareng

waktu baca 2 menit
Sosialisasi penggunaan alat cuci tangan Otomatis di SLB Kuntum Mekar 01 Cengkareng, Jakarta Barat. Foto/Istimewa

JAKARTA – Tim Program studi (prodi) S1 Teknik Telekomunikasi dan D3 Teknik Telekomunikasi Telkom University Kampus Jakarta yang terdiri dari Dosen dan mahasiswa menjalankan program pengabdian masyarakat. Rabu (19/06/24).

Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan melalui sosialisasi penggunaan alat cuci tangan otomatis di SLB B Kuntum Mekar 01 Cengkareng Jakarta Barat. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari komitmen Telkom University untuk berkontribusi secara positif terhadap masyarakat sekitar, khususnya dalam hal kesehatan dan kebersihan.

Alat cuci tangan otomatis dibuat sebagai solusi untuk menyediakan fasilitas sanitasi modern bagi SLB B Kuntum Mekar 01. Penggunaan air oleh setiap orang berbeda-beda menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya pemborosan air. Alternatif penghematan air adalah dengan menggunakan keran otomatis, yang terdiri dari Arduino, pompa air, dan sensor Passive Infrared Receiver (PIR) sebagai tiga komponen utama rangkaiannya.

Cuci tangan merupakan langkah sederhana, namun sangat efektif dalam mencegah penyebaran penyakit. Dengan menggunakan alat cuci tangan otomatis, proses mencuci tangan menjadi lebih mudah dan menyenangkan, terutama bagi anak-anak di SLB B Kuntum Mekar 01.

Alat ini tidak hanya efektif membersihkan tangan dari kuman dan virus, tetapi juga memfasilitasi kegiatan cuci tangan menjadi kebiasaan yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari. 

Tim pengabdian masyarakat, yang terdiri dari 6 orang dosen dan 4 mahasiswa, mengadakan sesi sosialisasi interaktif yang melibatkan demonstrasi penggunaan alat cuci tangan otomatis.

Siswa-siswi SLB diajak untuk mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar. Respons siswa, guru, serta staf yang sangat positif, dengan banyak dari mereka menunjukkan antusiasme dan kesadaran yang tinggi terhadap pentingnya menjaga kebersihan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya memberikan manfaat langsung dalam meningkatkan praktik kebersihan di SLB B Kuntum Mekar 01, tetapi juga meninggalkan dampak jangka panjang dalam membentuk kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan diri.

Tim berharap bahwa kegiatan ini akan menjadi langkah awal dalam upaya bersama untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan produktif di masyarakat sekitar.

Dengan demikian, partisipasi Telkom University Kampus Jakarta dalam kegiatan pengabdian masyarakat di SLB Kuntum Mekar pada Juni 2024 bukan hanya sekedar kegiatan sosialisasi, tetapi juga sebuah komitmen untuk turut berperan dalam membangun masyarakat yang selalu sadar akan pentingnya menjaga kesehatan melalui kebiasaan sederhan,dengan dimulai dari mencuci tangan secara teratur.

Berita Terkini

0
0