Gudang Amunisi TNI AD di Bogor Meledak, Warga Gunung Putri Dievakuasi

waktu baca 2 menit
Gudang amunisi Kodam Jaya di Parung Pinang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor meledak pada sekitar pukul 18.30 WIB. Foto/Istimewa

BOGOR – Gudang amunisi daerah milik Kodam Jaya yang terletak di Parung Pinang tepatnya di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor meledak pada sekitar pukul 18.30 WIB. Warga di daerah sekitar mendengarkan ledakan berkali-kali.

Awalnya terdengar ledakan menyerupai petasan, kemudian asap tebal membumbung tinggi. Ledakan terdengar oleh warga di cluster perumahan yang ada Kota Wisata, Gunung Putri yang berjarak hanya 1 kilometer.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen Kristomei Sianturi mengatakan, gudang amunisi yang terbakar adalah miliknya. Gudang peluru tersebut adalah milik Komando Daerah Militer Jayakarta (Kodam Jaya) yang punya wilayah meliputi DKI Jakarta.

”Jadi memang kita konfirmasi telah terjadi kebakaran Gudang Munisi Daerah Kodam Jaya,” kata Brigjen Kristomei Sianturi, kepada wartawan, Sabtu (30/3/2024).

Gudang itu disebut menyimpan berbagai jenis amunisi TNI AD. Termasuk peluru-peluru kaliber besar, amunisi untuk artileri medan, dan artileri pertahanan udara (Arhanud).

Lokasi persis Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) itu ada di Kampung Parung Pinang, RT 01/RW 11, Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor. Warga setempat kini sedang dievakuasi menjauh dari lokasi gudang peluru yang terbakar.

”Warga sekitar sudah kita evakuasi, dengan berkoordinasi dengan desa, RT/RW, dan Babinsa setempat, berkoordinasi dengan pemadam kebakaran, serta instansi terkait, untuk membantu mengevakuasi mengamankan masyarakat setempat ke tempat yagn lebih aman,” ucapnya.

Berita Terkini

0
0