Keren! Pemkab Bekasi Kolaborasikan MTQ dengan Promosi Wisata Industri

waktu baca 2 menit
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan. Foto/Pemkab Bekasi

BEKASI – Pemkab Bekasi memastikan penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat 2024 bakal berlangsung meriah namun tetap khidmat. Selain itu, gelaran keagamaan ini akan dikolaborasikan dengan ragam kebudayaan dan promosi wisata industri khas Bekasi.

“Jadi jelas akan berbeda, dari sisi penyajiannya, penyelenggaraan, tema dan sentuhan khas Kabupaten Bekasi. Secara keseluruhan, penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Bekasi kami berupaya menyajikan yang terbaik,” kata Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Rabu (23/4/2024).

Seperti diketahui, MTQ merupakan ajang paling bergengsi dari gelaran multi event keagamaan. Layaknya Pekan Olahraga Provinsi maupun Nasional, MTQ juga mempertandingkan ribuan kafilah dari puluhan kontingen.

“Konfirmasi yang masuk ke kami itu sedikitnya ada 5.000 peserta nantinya yang akan bertanding di MTQ ini dari 27 kontingen, termasuk kita sebagai tuan rumah. Itu baru peserta dan ofisial, belum suporter yang kami prediksi jumlahnya ribuan karena dari warga di Bekasi saja sudah sangat antusias,” kata Dani.

MTQ Ke-38 tingkat Jabar ini akan digelar 27 April hingga 5 Mei 2024 mendatang. Penyelenggaraan disebar di belasan titik dengan titik utama ditempatkan di Plaza Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat. Sebuah panggung raksasa telah didirikan di lokasi ini untuk menggelar upacara pembukaan dan penutupan.

Tidak sebatas MTQ, gelaran pendamping lainnya turut disiapkan mulai dari bazar UMKM hingga pusat perayaan kebudayaan. Dani mengatakan, MTQ ini akan dikolaborasikan dengan festival kebudayaan dan promosi wisata industri.

Jadi selama penyelenggaraan MTQ, seluruh peserta diberikan kesempatan mengikuti wisata industri secara gratis. Mereka akan mengikuti tur ke berbagai pabrik untuk mengetahui proses produksi berbagai produk populer yang dibuat di Kabupaten Bekasi, mulai dari makanan/minuman hingga kendaraan.

“Selama penyelenggaraan MTQ ini seluruh peserta kami fasilitasi wisata industri, gratis. Ini sebagai bagian dari promosi kita dalam hal wisata industri ini. Kemudian MTQ juga akan digelar Lebaran Bekasi yang menjadi pusat kegiatan Kabupaten Bekasi. Maka kami optimis penyelenggaraan MTQ bisa berjalan baik,” ucap dia.

Selain sukses dalam penyelenggaraan, lanjut Dani, pihaknya pun membidik predikat juara umum. Setelah melakukan berbagai persiapan hingga pemusatan pelatihan yang panjang, target juara umum bukan tidak mungkin. Terlebih dalam MTQ dan STQ sebelumnya, prestasi Kabupaten Bekasi terus meningkat.

“Pada MTQ sebelumnya di Sumedang kami mendapatkan peringkat empat besar lalu pada STQ kemarin di Bandung juga masuk dalam dua besar. Dengan latihan yang rutin dan persiapan yang matang, saya pikir target juara umum bukan hal yang muluk-muluk. Kami meyakini selain sukses penyelenggaraan, sukses juga secara prestasi,” ucap dia.