Kronologi 2 Pekerja Tewas Terjebak di Saluran Limbah Pembuangan Meikarta

waktu baca 2 menit
Dua pekerja tewas terseret arus saat membersihkan pipa saluran air di Meikarta Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Foto/Ilustrasi

CIKARANG – Dua pekerja tewas terseret arus saat membersihkan pipa saluran air di Meikarta Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Satu pekerja lainnya berhasil selamat meski sempat  mengalami syok dan trauma.

“Jadi ada pekerjaan di lokasi parkir Distrik I Meikarta yang di situ terdapat pengelolaan air limbah dan kejadian itu tiga orang menjadi korban, dua di antaranya meninggal dunia dan satu selamat,” kata Kapolsek Cikarang Selatan Kompol Rudy Wiransyah Setiono, Kamis (11/1/2024).

Peristiwa ini terjadi pada Selasa (9/1/2024) sekitar pukul 19.00 WIB. Ketika itu para pekerja bermaksud membersihkan saluran air demi mencegah terjadinya banjir di wilayah sekitar. Tiba-tiba arus air di saluran tersebut meningkat sehingga ketiga pekerja terseret arus.

Satu pekerja berhasil selama sedangkan dua pekerja lainnya tewas setelah masuk pada pipa saluran pengolahan limbah domestik pada komplek perumahan vertikal ini.

Beberapa saat berselang, para petugas gabungan baik dari kepolisian dan BPBD Kabupaten Bekasi mendatangi lokasi guna mengevakuasi korban. Sulitnya medan membuat evakuasi korban berjalan panjang.

Kedua korban tersebut masuk pada celah pipa dengan diameter sekitar 50 sentimeter. Sehingga memerlukan katrol rantai besi untuk menarik kedua jasad korban. Setelah dua jam terjebak, satu per satu korban dapat dievakuasi.

“Korban B, I dan D merupakan petugas engineering perawatan saluran pembuangan limbah tersebut. Namun para korban yang saat itu  diduga tidak menggunakan alat pengaman yang memadai tenggelam dan terjebak di dalam saluran pembuangan limbah,” ucap dia.

Dua korban tewas lantas dibawa ke RSUD Kabupaten Bekasi untuk dilakukan otopsi. Sedangkan korban selamat kini menjalani perawatan intensif di RS Siloam Cikarang. 

Berita Terkini

0
0