Mulai 1 November BBM Hijau Pertamina Turun Harga, Cek Besarannya

waktu baca 2 menit
Mulai 1 November BBM Hijau Pertamina Turun Harga. Foto/Ilustrator

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) kembali menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi mulai hari ini 1 November 2023. Penyesuaian itu berlaku untuk harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, hinga Pertamax Green 95.

Pertamax Green yang merupakan BBM hasil percampuran Pertamax dengan Bioetanol sebesar 5%, kini dibanderol dengan harga Rp15.000 per liter. Harga itu turun Rp1.000 dibanding harga bulan sebelumnya, yakni Rp16.000 per liter.

”Harga BBM nonsubsidi setiap bulannya per tanggal 1 mengalami penyesuaian mengikuti harga pasar, namun dapat harga BBM Pertamina paling kompetitif,” kata VP Corporate Communication PT Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam keterangannya, Rabu (1/11/2023).

Fadjar menambahkan di tengah fluktuasi harga minyak dunia, Pertamina terus berupaya menjaga kinerja rantai pasoknya. Termasuk fleksibilitas dalam memperoleh minyak mentah (crude oil) sehingga harga produk BBM bisa tetap kompetitif.

PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020.

Yang mana tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

“Mengacu pada regulasi tersebut, harga BBM setiap bulannya akan mengalami penyesuaian sesuai harga pasar, sehingga masyarakat diharapkan sudah teredukasi dan untuk update harga dapat dicek melalui situs Pertamina maupun aplikasi MyPertamina,” jelasnya.

Pertamax Green 95 memang baru dijual di lima SPBU sekitar DKI Jakarta dan 10 SPBU di Surabaya, Jawa Timur. SPBU yang melayani penjualan BBM RON 95 itu di antaranya, SPBU MT Haryono, Fatmawati 1.

Kemudian Fatmawati 2, Lenteng Agung dan Sultan Iskandar Muda Kebayoran DKI Jakarta. Sementara di Surabaya, Pertamax Green 95 tersedia di SPBU Jemursari, Soetomo, Mulyosari, Merr, Ketintang, Karang Asem, Mastrip, Citra Raya Boulevard, Juanda dan Buduran. (REA)