Pelatihan dan Pemberdayaan Kader Kesehatan dalam Implementasi Aplikasi Website Posyandu Flamboyan oleh Telkom University Jakarta

waktu baca 3 menit
Pelatihan dan pemberdayaan kader kesehatan dalam implementasi aplikasi website. Foto/Istimewa

Tidak dapat dipungkiri, teknologi merupakan aspek yang bisa membantu pekerjaan manusia di berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam layanan kesehatan masyarakat. Hal inilah yang dilakukan oleh tim pengabdian masyakarat dari Telkom University Jakarta.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini mengusung program pelatihan dan pemberdayaan kader kesehatan kesehatan ibu dan anak di Posyandu. Pada tanggal 17 Mei 2024, bertempat di Posyandu Flamboyan, Tangerang, telah dilaksanakan kegiatan “Pelatihan dan Pemberdayaan Kader Kesehatan dalam Implementasi Aplikasi Website Posyandu Flamboyan”. 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh 6 dosen, dan 6 mahasiswa dari prodi S1 Teknologi Informasi dan Prodi S1 Sistem Informasi, yaitu dengan Ketua Tim Dosen yaitu Nurul Ilmi S.Kom., M.T.,  dan anggota dosen yaitu Rana Zaini Fathiyana, SST., M.T., Syifa Nurgaida Yutia, S.Tr., M.T.,  Dea Wemona, S.Kom., M.T.I., Qilbaaini Effendi Muftikhali, S.Kom, M.Kom., dan Nisa Dwi Angresti, S.Si., M.Kom.

Tujuan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membantu mempermudah posyandu dan masyarakat dalam mengakses berbagai layanan kesehatan yang tersedia di posyandu Flamboyan seperti informasi mengenai imunisasi, program nutrisi dan pemeriksaan rutin serta konsultasi kesehatan bayi.

Harapan yang disampaikan oleh ketua pengabdian masyarakat yaitu Nurul Ilmi, S.Kom., M.T  “Melalui website ini, diharapkan warga dapat dengan mudah mendaftar dan mendapatkan informasi terkini mengenai jadwal serta kegiatan posyandu.

Selain itu, website ini juga dirancang untuk meningkatkan kinerja kader posyandu dalam memberikan penyuluhan kesehatan. Dengan fitur-fitur yang intuitif, kader posyandu dapat lebih efisien dalam menyampaikan informasi dan edukasi kepada warga”. 

Pada kegiatan pelatihan ini dilakukan sesi demonstrasi aplikasi yang dipandu oleh mahasiswa dari Prodi S1 Teknologi Informasi dan S1 Sistem Informasi Telkom University Jakarta, dengan memperkenalkan dan menunjukkan penggunaan website yang dikembangkan untuk Posyandu Flamboyan.

Website ini memiliki fitur utama seperti pendaftaran, pencatatan data kesehatan, monitoring kesehatan, informasi jadwal imunisasi. Mahasiswa menunjukkan langkah-langkah penggunaan website secara langsung, dan mengundang kader kesehatan untuk mencoba, serta mengadakan sesi tanya jawab interaktif.  Fitur yang ada pada aplikasi ini mempermudah pencatatan data monitoring kesehatan bayi dan balita.

Semua data kesehatan yang sebelumnya dicatat secara manual kini dapat direkam secara digital dan disimpan dalam satu database yang terpusat. Hal ini tidak hanya meningkatkan akurasi dan keamanan data, tetapi juga memudahkan akses dan analisis data kesehatan untuk keperluan pemantauan dan evaluasi. 

Dengan berhasilnya perancangan dan implementasi sistem informasi berbasis website, diharapkan dapat mendukung kegiatan Posyandu secara optimal. Diharapkan, website ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional Posyandu, mempermudah kader dalam melaksanakan tugas mereka, serta menyediakan informasi yang lebih terstruktur dan mudah diakses.

Dengan inovasi ini, kami yakin bahwa pelayanan kesehatan di Posyandu Flamboyan akan semakin meningkat, memberikan dampak positif yang signifikan bagi seluruh masyarakat yang dilayani. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan proyek ini. Semoga langkah ini menjadi awal dari banyak inovasi lainnya yang akan membawa kebaikan dan kesehatan bagi masyarakat luas.

Berita Terkini

0
0