Sosialisasi dan Penerapan Instalasi Prototipe Panel Surya 150 WP di SMK Prudent School Kota Tanggerang

waktu baca 3 menit
Sosialisasi dan Penerapan Instalasi Prototipe Panel Surya 150 WP di SMK Prudent School Kota Tanggerang

Kota Tangerang, Maret 2024 – Dalam upaya untuk mempromosikan pendidikan energi terbarukan, Dosen D3 Teknik Telekomunikasi Telkom University Kampus melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat bekerja sama dengan SMK Prudent School di Kota Tangerang telah berhasil melaksanakan pemasangan prototipe panel surya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman dan pengetahuan langsung tentang panel surya. Kegiatan ini dilaksanakan oleh siswa/i SMK Prudent School kota Tangerang Jurusan Teknik Komputer Jaringan di lab SMK Prudent dengan arahan dan bimbingan para dosen Telkom University Jakarta dan dibantu oleh mahasiswa-mahasiswi serta didampingi oleh guru kompetensi jaringan SMK Prudent. Siswa-siswi sangat antusias mengikuti pelatihan pengabdian masyarakat.

Energi terbarukan ini tidak hanya berfungsi sebagai sumber daya alternatif, tetapi juga membantu siswa memahami desain dan pemanfaatan panel surya. Sebagai pembangkit listrik, matahari menawarkan sumber cahaya yang tak terbatas. Panel surya, yang berfungsi sebagai perangkat transformasi, mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

Listrik yang dihasilkan kemudian disimpan dalam baterai untuk penggunaan daya darurat. Meskipun Perusahaan Listrik Negara masih menyediakan listrik, penggunaan panel surya sebagai sumber daya pengganti menjadi semakin penting. Melalui penerapan dan sosialisasi panel surya di SMK Prudent School, para siswa berhasil memasang prototipe panel surya dan memperoleh pengalaman langsung yang berharga.

Mereka diberikan materi dan penjelasan tentang perkembangan terbaru modul surya, sehingga memungkinkan pengembangan dan pemahaman lebih lanjut tentang teknologi energi terbarukan. Tujuan utama proyek ini adalah untuk meningkatkan kesadaran di kalangan siswa tentang pentingnya sumber energi terbarukan, seperti tenaga surya.

Dengan kegiatan ini diharapkan siswa dapat memahami prinsip kerja, komponen, dan aplikasi praktis panel surya, tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa kemandirian energi dan mengurangi beban konsumsi listrik sekolah.

Dari kegiatan ini ada dua prototype energi terbarukan yang selanjutkan dihibahkan kepada pihak sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2023 yang dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Prudent Bapak H. Lutphi Hidayat , M. Pd Sementara perwakilan kampus diwakili oleh ibu Dr. Yus Natali, S.T., M.T selaku Ketua Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi Telkom University Kampus Jakarta. Serah terima dua prototipe energi terbarukan dilakukan oleh Ketua Pengabdian Masyarakat Bapak M. Roihan, M.T. beserta tim dosen kepada ketua jurusan SMK Prudent Bapak Sarman, M.Kom. 

Pihak sekolah yang diwakili oleh Bapak Kepala Sekolah SMK Prudent School, menyampaikan rasa terima kasihnya atas Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini. Harapannya kerjasama ini menjadi kegiatan yang berkesinambungan di waktu yang akan datang.

Beliau menyatakan, “Proyek ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis siswa kami, tetapi juga menanamkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan. Penting bagi siswa kami untuk memahami potensi energi terbarukan dan berkontribusi pada masa depan yang berkelanjutan.” Keberhasilan pemasangan prototipe panel surya di SMK Prudent School menjadi bukti komitmen sekolah untuk mempromosikan pendidikan energi terbarukan dan praktik berkelanjutan. 

Prototipe tersebut akan terus digunakan sebagai alat praktis bagi siswa untuk mempelajari aplikasi panel surya di dunia nyata, yang selanjutnya akan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mereka.

Prakarsa ini merupakan batu loncatan menuju terbentuknya generasi masa depan yang dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan keberlanjutan energi. Melalui proyek seperti ini, diharapkan SMK Prudent School dapat memberikan kontribusi signifikan menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Baca Lainnya

Berita Terkini

0
0

Berita Terkait