Telkom University Jakarta Melakukan Pendampingan Soft Skill di SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi

waktu baca 4 menit
Telkom University Jakarta melakukan Pendampingan Soft Ski

Kegiatan pengabdian Masyarakat bertema Pengembangan Soft Skill oleh Dosen dari 4 Prodi yaitu S1 Teknologi Informasi, S1 Sistem Informasi, S1 Desain Komunikasi Visual, dan D3 Teknik Telkomunikasi Telkom University Jakarta  yang dilaksanakan di SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi dengan tujuan untuk persiapan menghadapi dunia kerja dan kuliah melalui berbagai program soft skill.

Program soft skill yang diberikan, yaitu “Management Financial for Student, Bulid Your Personal Brand, dan Strategi Belajar menggunakan Smart Goals“. Metode yang digunakan meliputi workshop, dan pelatihan. Evaluasi hasil pengabdian masyarakat juga dilakukan untuk memantau perkembangan soft skill siswa dan dampak kegiatan.

Kegiatan ini tidak hanya menciptakan dampak positif dalam pengembangan individual siswa, tetapi juga membangun hubungan yang berkelanjutan antara sekolah dan Universitas Telkom Jakarta. Secara keseluruhan, kegiatan ini menunjukkan potensi besar dalam membentuk generasi muda yang siap secara profesional menghadapi dunia kerja.

“Management Financial for Student’’ Tanggal 22 Maret 2024 diisi oleh Pak Rahmadi, M.Ak yang merupaka Dosen S1 Sistem Informasi. Siswa SMA/SMK perlu belajar mengelola keuangan agar kelak terbiasa menabung, pandai mengelola keuangan ketika kelak bekerja, dan dapat memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik.

Berbicara soal mengelola keuangan memang tidak mudah, apalagi untuk masa SMA/SMK. Masa SMA/SMK masih tergolong labil, mencari jati diri, kurang pengetahuan dan pengalaman akan pentingnya  keuangan, kurangnya pemahaman orang tua mengenai pentingnya mengajarkan keuangan pada anak. Namun, tentunya itu bukanlah alasan untuk kemudian membuat anak SMA/SMK tidak belajar mengelola keuangan.

Program pengembangan soft skill ke-2 dengan Topik ‘’Build Your Personal Brand  (Persiapan Untuk Dunia Kerja dan Kuliah)’’ tanggal 7 Mei 2024 yang diisi oleh Dosen dari S1 Sistem Informasi yaitu Bu Dea Wemona, S.Kom., M.T.I.  dan S1 Desain Komunikasi Visual oleh Pak Reza Ramadani Firman,S.Ds.,M.Ds., dan Bu Trimalda Nur Fitriati, M.Ds.  

Personal branding adalah proses membangun dan mempromosikan citra diri yang konsisten dan positif untuk menciptakan kesan di benak orang lain. Personal branding bertujuan untuk membedakan diri dari orang lain dalam bidang yang sama dan menarik perhatian serta kepercayaan dari audiens target, pengikut di media sosial. 

Program pengembangan soft skill ke-3 dengan topik ‘’Strategi Belajar menggunakan Smart Goals’’ pada tanggal 15 mei 2024 yang diisi oleh Dosen dari S1 Teknologi Informasi Bu Rana Zaini Fathiyana, SST., M.T. dan Bu Syifa Nurgaida Yutia, S.Tr., M.T. SMART Goals adalah sasaran yang Spesifik, Terukur, Dapat Ditindaklanjuti, Relevan, dan Tepat Waktu. Kelima elemen ini membantu mengubah ambisi yang tidak jelas menjadi tujuan yang jelas dan dapat dicapai. Untuk siswa sekolah Menengah (SMA/SMK), kuncinya di sini adalah Dapat ditindaklanjuti. 

Program pengabdian masyarakat bertema soft skill ini dengan topik “Management Financial for Student, Build Your Personal Brand, dan Strategi Belajar menggunakan Smart Goals,” diharapkan mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi para peserta siswa-siswi SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi, terutama dalam mengasah keterampilan yang esensial untuk kehidupan akademis dan profesional mereka.

Melalui manajemen keuangan, peserta diharapkan dapat lebih bijak dalam mengelola keuangannya, sehingga mampu mencapai kestabilan ekonomi yang lebih baik setelah lulus dan bekerja. Dengan membangun personal brand, peserta diharapkan dapat menonjolkan keunikan dan nilai tambah diri mereka di tengah persaingan yang semakin ketat.

Sedangkan melalui strategi belajar menggunakan SMART goals, peserta diharapkan dapat merancang tujuan yang lebih spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu, sehingga proses belajar mereka menjadi lebih terarah dan efektif.

Semoga program ini tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan baru untuk SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi, tetapi juga memotivasi peserta untuk terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi diri mereka sendiri serta lingkungan sekitar.

Kami percaya bahwa investasi dalam pengembangan soft skill adalah langkah strategis untuk menciptakan generasi muda yang lebih siap menghadapi tantangan masa depan. Terima kasih atas partisipasi dan antusiasme semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan program ini. Mari kita terus berkolaborasi untuk kemajuan bersama.

Berita Terkini

0
0