Gunung Dukono Meletus, Semburkan Kolom Setinggi 700 Meter

waktu baca 1 menit
Tangkapan layar erupsi Gunung Dukono di Maluku Utara, Jumat (3/11/2023) pagi. (Foto : Rizal)

HALMAHERA UTARA – Gunung Dukono di Halmahera Utara, Maluku Utara meletus atau mengalami erupsi pada Jumat (3/11/2023) pukul 08.30 WIT. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan tinggi letusan mencapai 700 meter di atas puncak.

“Terjadi erupsi Gunung Dukono pada hari Jumat, 3 November 2023 pukul 08:30 WIT. Tinggi kolom letusan teramati sekitar 700 m di atas puncak (sekitar 1787 m di atas permukaan laut),” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, Bambang Sugiono dalam keterangan resminya, Jumat (3/11/2023).

Bambang melaporkan kolom abu teramati berwarna putih, kelabu hingga hitam dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah barat. Erupsi masih terus berlangsung.

Sementara itu, masyarakat di sekitar Gunung Dukono dan pengunjung, wisatawan agar tidak beraktivitas, mendaki, dan mendekati Kawah Malupang Warirang di dalam radius 2 km.

Bambang mengatakan mengingat letusan dengan abu vulkanik secara periodik terjadi dan sebaran abu mengikuti arah dan kecepatan angin, sehingga area landaan abunya tidak tetap

“Maka direkomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Dukono untuk selalu menyediakan masker penutup hidung dan mulut untuk digunakan pada saat dibutuhkan guna menghindari ancaman bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan,” pintanya.

Berita Terkini

0
0

Adv