Kemenhub: 5,2 Juta Warga Jabodetabek Bakal Mudik Lebaran 2024

waktu baca 1 menit
Kemenhub menyatakan sebanyak 5,2 juta warga Jabodetabek akan mudik pada Idulfitri 1445 H. Foto/Ilustrasi

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan sebanyak 5,2 juta warga Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi (Jabodetabek) akan mudik pada Idulfitri 1445 H. Diperkirakan jutaan warga Jabodetabek berangkat mudik pada H-4 Lebaran. 

“Untuk pemilihan hari berangkat di Jabodetabek terdapat perbedaan dengan nasional, di mana untuk referensi masyarakat berpergian itu dimulai dari H-4 ini yang paling tinggi,” ungkap Kepala Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub Robby Kurniawan, Selasa (19/3/2023).

Robby menuturkan mayoritas pemudik Jabodetabek memilih menggunakan transportasi publik untuk pulang ke kampung halaman. “Kemungkinan kereta api, bus, mobil pribadi, sepeda motor, dan penyeberangan masih menjadi pilihan pemudik,” ujarnya. 

Data tersebut berdasarkan survei Kemenhub yang dilakukan pada 29 Januari hingga 29 Februari 2024. 

“Kenapa ini harus kita lakukan jadi sebagaimana kita ketahui bahwa data besar angka mobilitas pada masa angkutan lebaran setiap tahunnya itu bersifat fluktuatif hal ini dipengaruhi beberapa faktor, faktor ekonomi, sosial budaya, kesehatan, lingkungan strategis lainnya,” tandasnya. (Sumber/iNewsBekasi.id)