Ketua Komisi II DPRD: Buktikan KONI Bekasi Bukan Jago Kandang, Tapi Berani Pertahankan Juara di Jabar!

waktu baca 3 menit

BEKASI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendukung sepenuhnya kerja keras Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dalam upaya untuk berjuang mengembangkan dan memasyarakatkan olahraga prestasi di Kabupaten Bekasi.

Meski banyak menorehkan prestasi membanggakan dari berbagai event olahraga, DPRD Kabupaten Bekasi dalam hal ini Komisi II DPRD meminta secara tegas kepada jajaran pengurus KONI 2023-2027 untuk tak lelah mengoptimalkan perolehan prestasi terbaik di Jawa Barat.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi Sunandar mengaku sangat mengapresiasi dan bangga dengan berbagai torehan prestasi yang banyak disumbangkan oleh KONI untuk warga Kabupaten Bekasi. “Jangan terlena, jangan berpuas diri, tapi tetap berjuang agar tetap berprestasi,” kata Sunandar.

Politisi Partai Golkar ini menantang semua pengurus, pelatih maupun atlet untuk tetap membuktikan bisa meraih prestasi paling terbaik dari daerah lainnya. “Saya minta jangan jago kandang, tapi buktikan Bekasi Berani Juara menggema di daerah lain,” ucapnya.

Menurut dia, KONI Kabupaten Bekasi merupakan mitra kerja dari Komisi II, semua program dan targetan KONI harus tetap berkolaborasi demi memajukkan dunia olahraga di wilayah dengan kawasan indutsri terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Dukungan Komisi II terhadap insan olahraga terlihat jelas dari anggaran hibah yang terus dikucurkan setiap tahunnya agar tetap bisa memberikan prestasi maupun melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet potensi dari putra daerah.

Selain anggaran, kata dia, pihaknya pada tahun 2023 menganggarkan anggaran besar untuk membangun sebanyak 376 titik sarana olahraga demi menunjang sarana dan prasarana atlet berlatih mengembangkan kemampuannya lebih bagus.

Selain dapat mencetak atlet berprestasi, sarana olahraga juga berpotensi untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi. Tapi lagi-lagi pontensi itu bisa dicapai bila sarana prasarana yang ada memadai dan nyaman sehingga menarik pengunjung untuk datang.

Untuk itu, Sunandar menegaskan agar KONI tetap berkontribusi besar dengan mengerahkan segala kekuatan atlet Kabupaten Bekasi bisa berlaga bagus di PON XXI/2024 Aceh-Sumut mewakili Provinsi Jawa Barat dan menang bersaing dengan atlet daerah lain.

Selain fokus di PON, dia meminta untuk terus mencari bibit potensi dan membinanya agar kemampuannya lebih baik dan mampu turun epik dan berjuang keras untuk Kabupaten Bekasi di Porprov Jabar 2026 di Kota Bogor dan Kota Bekasi.

”Jangan terlena menjadi Juara Umum di Porprov Jabar 2022, tapi modal sebagai juara harus dipompa lagiu agar tetap bisa membuktikan prestasinya dan kembali mempertahankan sebagai Juara Umum Porprov Jabar yang tak terkalahkan,” ungkapnya.

Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Lutfi Hassan menyakini atlet-atlet Kabupaten Bekasi yang akan berlaga di PON Aceh-Sumut bisa membuktikan tajinya dan memberikan prestasi yang terbaik untuk Jawa Barat dan Kabupaten Bekasi.

”Atlet kita (Kabupaten Bekasi) saat ini sedang mengikuti bimbingan Pelatda dari cabor yang dibimbing dan dibina oleh KONI Jabar. Jadi, saya sangat yakin dengan atlet-atlet kita pasti mampu bersaing dan memberikan yang terbaik untuk Jabar,” katanya. 

Soal pembinaan atlet, pihaknya tetap mengoptimalkan pelatihan atlet dengan mengikuti berbagai program khusus dari KONI maupun pelatihan ketat dari setiap cabang olahraga. Bahkan, atlet-atlet tersebut kerap ikut serta dalam berbagai event olahraga bergensi.

Hasilnya, banyak atlet Kabupaten Bekasi menyumbangkan torehan prestasi membanggakan di kancah event berbagai olahraga Nasional maupun Internasional. “Saya yakinkan kembali, kita akan tetap berjuang keras membantu Jabar Juara Umum PON, dan Porprov 2026,” tutupnya.