Pelantikan Pengurus, KONI Kabupaten Bekasi Tancap Gas Targetkan Jabar Raih Hatrick Juara Umum di PON XXI/2024 Aceh-Sumut

waktu baca 4 menit
Ketua KONI Jawa Barat Muhammad Budiana bersama Ketua Umum Kabupaten Bekasi Reza Lutfi Hassan dalam pelantikan pengurus 2023-2027. Foto/Humas KONI Kabupaten Bekasi

BEKASI – Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi periode 2023-2027 resmi dilantik. Pengukuhan dan pelantikan ini dilakukan langsung oleh Ketua KONI Jawa Barat Muhammad Budiana di Hotel Sahid Jaya Cikarang, Jumat (26/4/2024). 

Kepengurusan KONI Kabupaten Bekasi kembali dinahkodai Ketua Umum KONI Kabupaten Bekasi Reza Lutfi Hasan, Ketua Harian Abdul Halim, Sekretaris Batong Sulaiman, Bendahara Alim Ginanjar dan enam wakil Ketua Umum bidang.

Adapun Bidang kepengursan meliputi Organisasi Pembinaan Prestasi, Hukum, Penelitian dan Pengembangan, Humas dan data, Bagian Umum beserta 146 pengurus lainnya. Diharapkan kepengurusan baru ini bisa bekerja maksimal meningkatkan olahraga prestasi di Kabupaten Bekasi.

Reza Lutfi Hasan mengatakan di kepengurusannya ini, pihaknya mengusung tema besar ‘Sang Penakluk Gelanggang, Bukan Jago Kandang, Kabupaten Bekasi Makin Berani Juara Umum Porprov Jabar XV/2026’.

Tema tersebut, sengaja diusung untuk melecut para pengurus, pelatih, hingga atlet Kabupaten Bekasi untuk tetap bisa mempertahankan prestasi olahraganya di kancah nasional maupun Internasional serta mempertahankan Juara Umum di Porprov Jabar di Bogor dan Bekasi.

”Kita sudah buktikan, di Porprov kemarin kita bisa menjadi juara umum walaupun kita bukan tuan rumah. Di Porprov mendatang kita harus menjadi juara, karena buat KONI Kabupaten Bekasi juara bukan hanya prestasi dan prestige tetapi juga harga diri,” kata Reza.

Untuk itu, dalam kepengurusan baru ini dia mengajak beberapa unsur profesi dan elemen masyarakat untuk ikut bergabung dalam kepengurusan untuk bisa berkolaborasi membuktikan dan menciptakan prestasi yang lebih membanggakan untuk Kabupaten Bekasi.

”Kita berharap akan terjadi kolaborasi, karena sejujurnya kita akui KONI Kabupaten Bekasi menjadi juara umum Proprov kemarin itu berkat soliditas dan kerja sama semua unsur profesi, semua kita libatkan untuk turut memberikan sumbansih untuk olahraga Bekasi,” tegasnya.

Dengan soliditas yang terbangun di internal KONI Kabupaten Bekasi, Reza meyakini Kabupaten Bekasi bakal memberikan sumbangsih besar kepada atlet agar bisa maksimal berprestasi di Provinsi Jawa Barat maupun di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

”Even yang terdekat adalah Pekan Olahraga Nasional, kita Berharap Jawa Barat menjadi juara dan kontribusi (medali)-nya dari atlet Kabupaten Bekasi lebih besar lagi. Saya tegaskan, Kabupaten Bekasi siap berjuang mewakili Jawa Barat untuk menjadi juara umum,” ucapnya.

Ketua Umum KONI Jawa Barat Muhammad Budiana mengakui bahwa atlet asal Kabupaten Bekasi merupakan salah satu tumpuan dan andalan untuk Jawa Barat dalam mendulang medali di PON XXI Aceh-Sumut.

Maka dari itu, banyak atlet asal Kabupaten Bekasi saat ini tengah di gembleng dalam pemusatan latihan yang dilakukan KONI Jawa Barat. Pelatihan itu diharapkan bisa meningkatkan kopetensi skil atlet lebih baik dan bisa bersaing dengan atlet wilayah lainnya.

”Kita masih melakukan Pelatda hingga bulan Agustus. Jujur atlet andalan Jawa Barat dari Kabupaten Bekasi termasuk atlet di 12 cabang olahraga. Kebanyakan individu. Targetan kita, Jawa Barat bisa berprestasi dan kembali menjadi juara umum ketiga kalinya,” katanya.

Untuk itu, Budiana berpesan kepada seluruh pengurus maupun atlet di KONI Kabupaten Bekasi untuk terus berjuang meningkatkan segalanya agar tetap menjadi juara paripurna dengan melakukan tata kelola pembinaan demi prestasi yang berjenjang dan akuntabel.

”Seperti yang tadi disampaikan mudah-mudahan KONI Kabupaten Bekasi juaranya harus paripurna, paripurna itu Binpres-nya juara, administrasi-nya juara, termasuk tata kelola keuangan dan itulah juara lahir batih yang sesungguhnya,” paparnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan dalam kesempatan itu akan terus mendukung semua program dan target yang sudah dicanangkan KONI Kabupaten Bekasi dalam menciptakan olahraga prestasi dan terus membawa harum nama daerah di setiap event olahraga.

”Untuk mencapai targetan dari KONI tersebut, kami akan meningkatkan bantan anggaran yang dibutuhkan , tetapi karena tadi ada pesan dari Ketua KONI Jabar masalah akuntabilitas, maka nanti akan ada pendampingan dari penegak hukum dalam hal ini kejaksaan,” bebernya.

Selain dukungan anggaran, untuk meningkatkan prestasi olahraga terutama dari segi pembinaan usia dini, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah membangun Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD).

”Kita mulai meorientasi PPLPD untuk menjaring bibit-bibit masa depan. Memang masih dua cabor tetapi nanti kedepannya lebih ditingkatkan, termasuk klub-klub kita kuatkan karena disitulah pusat pembibitan dan juga pembinaan dari KONI maupun Disbudpora,” katanya.

Selain dari anggaran daerah, Kepala BPBD Jabar ini meminta seluruh jajaran pengurus untuk bisa membuka peluang dan menciptakan kerja sama dengan pihak swasta dan lainnya demi memaksimalkan potensi dan pembinaan atlet dalam turnamen di tingkatan dunia industri dan perusahaan.

”Kerjas ama dengan sawasta bisa membuat event olahraga antar perusahaan, dari situ atlet-atlet kita dapat kesempatan untuk mengembangkan potensi maupun menguji kemampuannya. Sekarang ada yang berjalan seperti dengan Deltamas dan MM 2100. Nah disitu kita titipkan atlet-atlet kita di sana,” tutupnya.