Penerapan Elemen Grafis Interaksional sebagai Peningkatan Kualitas Cognitive Playthings di Preschool
Universitas Telkom melalui kolaborasi lintas disiplin antara Desain Komunikasi Visual dan Teknologi Informasi, mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk Lihai Islamic Preschool di Bandung.
Tim yang diketuai oleh Rizka Rachmawati, S.Ds., MBA, bersama anggota Syifa Nurgaida Yutia, S.Tr., M.T, dan Wirania Swasty, S.Ds., MBA, PhD, serta tim mahasiswa Desain Komunikasi visual menciptakan produk inovatif berupa Busy Book dan Busy Board.
Elemen grafis interaktif yang diterapkan dalam produk ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman belajar anak-anak prasekolah melalui stimulasi sensorik dan kognitif yang mendalam.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan mitra masyarakat sasar secara aktif dari awal proses hingga akhir. Dosen dan Mahasiswa bertugas sebagai tenaga pelaksana serta penggagas ide kegiatan pengabdian masyarakat ini. Hasil akhir berupa desain dan produk Media Pembelajaran Interaktif berupa Elemen Grafis Interaksional dalam bentuk Busy Board dan Busy Book.
Produk ini khusus dirancang dan diddesain sesuai dengan kebutuhan dan kurikulum mitra sasar. Selanjutnya, karya media grafis interaksional ini langsung diserahkan kepada Kepala Sekolah dan pihak pengajar Lihai Islamic Preschool.
7.1 Produk Teknologi dan Inovasi (Hard Dan Soft)
Produk media grafis interaktif berupa busy board dan busy book bagi pihak preschool mendapat manfaat berupa peningkatan kualitas sumber daya dan fasilitas. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan mutu layanan dari Lihai Preschool sebagai sarana pengasuhan dan pendidikan untuk anak usia dini. Sehingga pihak mitra menjadi pilihan utama masyarakat ketika mencari preschool yang berkualitas bagi anak mereka.
Produk media grafis interaktif berupa busy board dan busy book sangat relevan untuk diterapkan di Lihai Preschool. Kedua produk tersebut dapat meningkatkan kualitas sumber daya dan fasilitas dipreschool. Dimana keterampilan, kemampuan berpikir, kreatifitas, dan kemampuan social anak dapat meningkat.
Busy book adalah jenis buku yang dirancang untuk mengembangkan berbagai aspek keterampikan anak-anak melalui kegiatan yang melibatkan sentuhan, visual, dan interaksi langsung.
Dengan adanya busy book yang dibuat ini, anak dapat memahami karakter, latar waktu dan tempat, serta situasi dalam cerita.
Isi cerita busy book diambil dari sentra (aspek perkembangan) yang diterapkan Lihai preschool, terdapat tujuh sentra (aspek perkembangan) yaitu sentra persiapan, sentra seni, sentra bercocok tanam, sentra bahan alam, sentra rancang bangun, sentra bermain peran, dan sentra imtaq.
Pembuatan busy book ini menggunakan bahan kertas dengan bahan doff art carton, yang memiliki ketebalan 300gsm dimana tepi kertas dibuat round sehingga tidak tajam dan mengurangi kemungkinan anak terluka.
Selain memperhatikan penggunaan bahan, pemilihan warna pada background serta elemen yang ada juga diperhatikan dengan seksama. Pemilihan warna-warna terang pada buku didasari dengan target audiens yakni anak usia dini yang lebih tertarik dengan warna-warna yang terang.
Busy board adalah jenis permainan yang terbuat dari papan kayu datar yang di dalamnya terpasang berbagai elemen interaktif seperti cermin, tombol, kain berbagai tekstur, tali, kunci, dan berbagai benda menarik bagi anak-anak.
Dimana berperan sebagai tekstur, bentuk, dan aktivitas untuk merangsang indra dan keterampilan motorik siswa. Dalam pembuatan busy board ini juga diperhatikan dalam penggunaan bahan dimana bagian tepi kayu dibuat round sehingga tidak tajam dan mengurangi kemungkinan anak terluka, menggunakan kayu dengan bobot yang ringan, disertai alas dibagian bawah papannya.
Dengan demikian, Lihai Preschool diharapkan dapat menjadi pilihan utama masyarakat ketika mencari preschool yang berkualitas bagi anak mereka.
Dengan adanya busy book dan busy board, Lihai Preschool dapat menawarkan layanan yang lebih unggul dan inovatif, sehingga meningkatkan reputasi dan memperkuat posisi sebagai sarana pengasuhan dan Pendidikan terbaik bagi anak usia dini.
7.2 Penerapan Teknologi dan Inovasi Kepada Masyarakat (Relevansi Dan Partisipasi Masyarakat)
Dengan identifikasi permasalahan mitra sasar, program PKM ini melibatkan manajemen mitra dan seluruh stakeholder dari awal kegiatan hingga akhir dalam hal bertukar ide, gagasan, konsep, dan juga sebagai tim pelaksana dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini.
Sebagai sebuah lembaga prasekolah, Lihai Preschool menyadari pentingnya menyediakan media inovatif bagi siswanya, sehingga pembuatan busy book dan busy board tentu akan sangat berguna bagi mitra sasar sebagai media interaksi yang digunakan antara siswa dan guru ketika berkegiatan seharian penuh.
Oleh karna itu, Identifikasi permasalahan mitra sasar menjadi hal penting, sehingga pada program PKM ini melibatkan manajemen mitra yang efektif dan selektif dari awal hingga akhir.
Dalam Langkah ini juga melibatkan stakeholder untuk mencapai tujuan kegiatan. Yang bertujuan agar ide, gagasan dan konsep dapat saling bertukar dan dipertimbangkan secara lebih luas dan akurat.
Busy book dan busy board ini lah merupakan produk inovatif yang menjawab kebutuhan mitra sasar. Dimana Lihai Preschool membutuhkan penyediaan jenis permainan yang dapat merangsang pola pikir kognitif, dengan elemen grafis sebagai bentuk permainan yang dapat digunakan untuk jenis rentang usia yang berbeda. Oleh karna itu busy book dan busy board menjadi inovasi yang relevan sebagai solusi.
Dalam pembuatan konsep cerita busy book yang berkisah tentang perjalanan “Ali&Lili” yang di kaitkan dengan metode 7 sentra (aspek perkembangan), diperlukan informasi mengenai metode tersebut dari pihak Lihai Preschool, oleh karna itu partisipasi Lihai Preschool sangat penting dalam pembuatan konsep cerita busybook.
Sepanjang keseluruhan kegiatan, partisipasi mitra sangat dibutuhkan dalam hal bertukar ide, gagasan, konsep, desain, dan konten.
Dengan demikian, kolaborasi ini akan memungkinkan penciptaan busybook dan busy board yang memenuhi kebutuhan Lihai Preschool dan mencapai tujuan kegiatan ini, dan pada akhirnya memberikan pengalaman belajar yang efektif serta mendorong perkembangan kognitif dan kreativitas siswa.
7.3 Impact (Kebermanfaatan dan Produktivitas)
Media Interactive Tactile Panel atau yang juga dikenal sebagai sensory board, busy board, atau activity board adalah alat yang mewadahi aktivitas praktikal yang menyenangkan untuk bayi dan anak-anak untuk mereka belajar menyentuh, meraba, dan mendengar objek yang berbeda dalam satu permainan papan yang edukatif.
Fungsi dari elemen interaktif ini adalah merangsang fisik motorik, kreatifitas, dan imajinasi anakanak(5). Busy board terbuat dari papan kayu yang di dalamnya terpasang berbagai elemen interaktif seperti cermin, tombol, kain berbagai tekstur, tali, kunci, dan berbagai benda menarik bagi anak-anak untuk membuat mereka busy atau sibuk.