Pengabdian Masyarakat Universitas Telkom Jakarta: Meningkatkan Layanan Publik di Desa Ciasmara melalui Implementasi SIAP-SK

waktu baca 3 menit
Sosialisasi dan Implementasi sistem informasi layanan pubilk oleh Tim pengmas Universitas Telkom Jakarta. Foto: Istimewa

Meningkatkan layanan publik di tingkat desa sangatlah penting untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan dan efisien.

Untuk mendukung hal tersebut, Universitas Telkom Kampus Jakarta melalui Fakultas Informatika dan Fakultas Rekayasa Industri, melaksanakan program pengabdian masyarakat yang diikuti oleh lima dosen dan enam mahasiswa.

Tim Dosen yang diketuai oleh Syifa Nurgaida Yutia, dan anggota dosen yaitu Rana Zaini Fathiyana, Nurul Ilmi, Dea Wemona Rahma, dan Qilbaaini Effendi Muftikhali.

Sementara anggota mahasiswa yang mengikuti adalah Dimas Adhi Nugraha, Hakim Giraldi Saputra, Fatimah Azzahra Ikhlasun Lum, Isna Agustina, Mu’ammar Hannan Najib, dan Syepria Bilqiis Yosya.

Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Ciasmara, Kabupaten Bogor, dengan memperkenalkan Sistem Informasi untuk Administrasi Permohonan Surat Keterangan.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan layanan administrasi desa dengan menyediakan cara yang lebih cepat, akurat, dan efisien dalam melayani masyarakat.

Sosialisasi dan Implementasi di Desa Ciasmara

Ciasmara adalah sebuah desa yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang menghadapi masalah dalam menjalankan administrasi desanya, terutama dalam menangani permohonan dokumen, seperti surat keterangan yang memakan waktu lama dan proses manual yang tidak efisien.

Untuk mendukung hal ini, dosen dan mahasiswa merancang dan mengimplementasikan SIAP-SK, sebuah sistem berbasis web yang bertujuan untuk mempercepat proses pengelolaan permohonan surat, mengurangi tingkat kesalahan administrasi, dan meningkatkan transparansi layanan.

Fitur dan Keunggulan SIAP-SK

SIAP-SK dilengkapi dengan fitur-fitur yang dirancang sesuai dengan kebutuhan administrasi desa, seperti pengelolaan surat permohonan dan pelacakan status permohonan.

Dengan demikian masyarakat Desa Ciasmara dapat mengajukan permohonan surat secara online yang akan menghemat waktu dan mudah diverifikasi oleh perangkat desa.

Diharapkan masyarakat dan perangkat Desa Ciasmara dapat mengerjakan pekerjaan administrasi yang lebih efisien, transparan, dan responsif melalui implementasi program SIAP-SK.

Tidak hanya itu desa-desa lain diharapkan dapat mengikuti jejak program ini dan mendorong pertumbuhan progresif kualitas layanan publik melalui adopsi digital yang progresif, sebagai cita-cita untuk mendigitalisasi pemerintahan dan layanan administrasi desa.

Harapan dan Dampak Program

Dengan adanya program ini diharapkan pelayanan administrasi di Desa Ciasmara dapat lebih cepat dan efisien, sehingga masyarakat juga dapat memahami pentingnya penerapan teknologi untuk menciptakan pengelolaaan administrasi yang transparan dan efisien.

Implementasi sistem ini juga dapat mengurangi kesalahan administrasi dan layanan publik lebih responsif dan eficient.  

Program pengabdian masyarakat ini mencerminkan komitmen Universitas Telkom dalam membantu masyarakat berkembang melalui teknologi yang dilengkapi dengan pelatihan untuk perangkat Desa Ciasmara.

Diharapkan melalui pengabdian Masyarakat dan implementasi program ini dapat mewujudkan layanan publik yang lebih baik di Desa Ciasmara dan menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam mengimplementasikan teknologi digital untuk pemerintahan yang lebih efisien. (***)

Berita Terkini