Simak! Kendaraan Dilarang Melintas Jalan Braga Bandung Tiap Akhir Pekan

waktu baca 2 menit
Pemkot Bandung menerapkan aturan baru di kawasan Jalan Braga demi kenyamanan wisatawan. Foto/Istimewa

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung berencana menerapkan aturan baru di kawasan Jalan Braga demi kenyamanan wisatawan. Tiap akhir pekan kendaraan dilarang melintas. Diketahui, Jalan Braga kerap menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Bandung. 

Jalan legendaris di Kota Bandung itu kerap menjadi destinasi wisata hingga spot foto pavorit wisatawan dengan banyaknya bangunan heritage yang berjejer di sepanjang jalan. 

Demi kenyamanan wisatawan, Pemkot Bandung bakal menerapkan aturan bebas kendaraan di sepanjang Jalan Braga. Aturan bernama Braga Free Vehicle tersebut akan diterapkan setiap akhir pekan atau hari Sabtu dan Minggu. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tortoyuliono mengatakan, Braga Free Vehicle diperkenalkan sebagai bagian dari upaya revitalisasi kota. Menurutnya, konsep ini bertujuan untuk meningkatkan mobilitas dan memastikan pengalaman menyenangkan pengunjung Jalan Braga.

”Sejak diujicobakan dua bulan yang lalu, Braga Free Vehicle telah menjadi perhatian utama dalam upaya meningkatkan pariwisata dan kehidupan komunitas/budaya lokal,” ujar Bambang dalam keterangannya, Rabu (24/4/2024). 

Dengan menawarkan Braga Free Vehicle, kata Bambang, inisiatif ini tidak hanya mengurangi beban kemacetan, tetapi juga membuka peluang baru bagi pengunjung untuk menikmati berbagai acara dan atraksi di sekitar kawasan Jalan Braga.

”Kami yakin bahwa Braga Free Vehicle akan menjadi langkah maju dalam memperindah Bandung dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi semua orang yang mengunjungi kota ini. Salah satunya bisa dengan menampilkan kekayaan budaya lokal kita,” katanya.

Selain itu, inisiatif ini juga menggabungkan aspek budaya dan komunitas lokal dengan kerja sama lintas sektor yang kuat antara pemerintah daerah, dishub, Satpol PP, aparat kepolisian dan TNI, disparbud, kewilayahan, dan masyarakat setempat.

“Diharapkan bahwa melalui Braga Free Vehicle, Sabtu dan Minggu akan menjadi waktu yang lebih ramai dengan berbagai acara dan kegiatan yang akan menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah datang ke Kota Bandung,” ungkapnya.

Dikatakan Bambang, dengan komitmen untuk mewujudkan visi ini, Pemkot Bandung bersama-sama berusaha untuk memastikan bahwa Kota Bandung tetap menjadi tujuan yang menarik dan memikat bagi siapa pun.