Deretan Penghargaan Bergengsi yang Diperoleh Kota Bekasi, Berikut Prestasinya!

waktu baca 4 menit
Pj Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhammad menerima penghargaan bergengsi atas kinerja baik dari Pemkot Bekasi. Foto/Humas Pemkot Bekasi

BEKASI – Kota Bekasi tumbuh menjelma sebagai Kota Metropolitan di Provinsi Jawa Barat. Berjalan secara bertahap, Kota Bekasi terus berkembang pesat dan maju sebagai kota penyangga dan mitra strategis dari wilayah DKI Jakarta.

Wilayah dengan julukan Kota Patriot ini terus bebenah dan membangun infratrukturnya secara masif dan modern. Hal itu terbukti dari pembangunan yang masif dan merata berkontribusi besar  menumbuhkan roda perekonomian dan jadi primadona untuk berinvestasi.

Kota Bekasi sudah berusia 27 tahun terus berinovasi dengan kebijakan populisnya yang mengena demi terciptanya masyarakat sejahtera. Kolaborasi dengan instansi vertikal lainnya turut menyumbang besar dalam kemajuan wilayah ini.

Pencapaian dan prestasi yang memukau terus ditorehkan oleh wilayah yang berada di Timur Jakarta ini. Peran dari pemerintah setempat mampu menciptakan sebuah inovasi-inovasi yang baru dalam mengelola wilayahnya dengan baik.

Kolaborasi stikholder bersama masyarakat juga turut menyumbang berbagai hal dalam kemajuan di Kota Bekasi. Peran Penjabat Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhammad dalam mengelelola tata pemerintah diyakini sangat mampu membawa angin segar dalam pembangunan.

Kepiawaian Gani sebagai birokrat senior di pemerintahan memang mampu memberikan sebuah penghargaan membanggakan dan bergengsi untuk Kota Bekasi. Kepala Biro Hukum Kemendagri ini diminta terus berinovasi demi kesejahteraan masyarakat Bekasi.

Pencapaiannya mulai dirasakan masyarakat dengan bisa berbangga diri dengan torehan beragam prestasi. Salah satu inovasinya yang dirasakan masyarakat terkait kebijakan dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima dan akuntabel.

Program tersebut memanfaatkan teknologi era digitalisasi ini. Terciptanya inovasi ini tak luput usaha dari Pemkot Bekasi yang berupaya memaksimalkan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang Bekasi yang berada di 12 Kecamatan dan 56 Kelurahan.

Inovasi itu terbukti nyata dengan Kota Bekasi diakui di kancah Nasional dengan raihan Kota Terinovatif peringkat ke-3 di ajang Innovative Government Award Tahun 2023 lalu. Tentunya penghargaan ini memacu semangat pemerintah untuk bekerja keras lagi.

Pemkot Bekasi mampu mencetak Predikat Kualitas Tertinggi-Zona Hijau Kategori A Dengan Nilai 91,86 dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik oleh Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia. Raihan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Bekasi.

Tak hanya itu, pembangunan di Kota Bekasi diiringi dengan keharmonisan hidup bersosial antar sesama dengan beragam Suku, Ras, Agama, dan Budaya. Semua masyarakat hidup berdampingan, bersama berperan dalam menjunjung tinggi toleransi antar umat.

Sehingga Kota Bekasi dinobatkan sebagai Kota Toleran Peringkat 2 se- Indonesia Tahun 2023. Pembangunan di Kota Bekasi berkembang jauh lebih pesat atas perannya sebagai Penyangga Ibu Kota Negara. Atau sebagai wilayah mitra dari DKI Jakarta.

Untuk itu, kini Kota Bekasi semakin tumbuh menjadi Kota dengan fasilitas publik yang lengkap dengan didukung oleh armada transportasi penghubung dengan DKI Jakarta yang modern serta nyaman begitu pun dengan jalur penghubungnya yang sudah terintegrasi.

Alhasil, waktu tempuh dari Kota Bekasi ke DKI Jakarta lebih cepat. Sektor kesehatan di Kota Bekasi sudah menunjukkan peningkatannya yang terbaik dengan telah tercapainya presentase 100% atas Universal Health Coverage (UHC) sampai dengan akhir tahun 2023.

Begitupun dengan raihan Sertifikat sebagai Kota Bebas Frambusia Tahun 2023. Oleh karenanya, langkah Pemerintah Kota Bekasi untuk mendukung terwujudnya Indonesia Sehat semakin pasti ditambah dengan fasilitas layanan kesehatan milik Pemerintah yang semakin lengkap.

Sektor lingkungan, penghargaan bergengsi berhasil diraih Kota Bekasi, yakni Penghargaan Adipura untuk Kategori Kota Metropolitan yang membuktikan bahwa mewujudkan kebersihan dan kenyamanan lingkungan adalah komitmen bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Atas dukungan masyarakat yang peduli dengan lingkungan tempat tinggal tersebut, Kota Bekasi dinobatkan dan layak menyandang penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Masih banyak torehan penghargaan Kota Bekasi sejak 10 tahun terakhir.

Kendati demikian, semua raihan tersebut tidak terlepas dari dukungan semua unsur berkontribusi untuk mewujudkan pembangunan lebih maju. Peran serta masyarakat juga tidak kalah penting atas perannya ikut serta membangun Bekasi.

Kesadaran dan kepedulian dari masyarakat Kota Bekasi untuk maju memopang Pemkot Bekasi bekerja lebih baik lagi mewujudkan kota yang sehat dan berpendidikan, tentunya dibarengi dengan pembangunan yang masif dan merata di 12 Kecamatan dan 56 Kelurahan.

Pada 10 Maret 2024, Kota Bekasi berusia 27 tahun. Dengan usia bertambah matang, Bekasi tak lelah mengajak masyarakat Bekasi untuk memberikan masukan yang positif demi terciptanya pemerintah bersih dan pelayanannya publik terbaik.

Hal itu bisa tercipta asalkan masyarakat ikut terus mendukung pemerintah dalam memberikan inovasi pembangunan yang modern dengan nuansa religius berakhlak dan santun demi kemajuan Kota Bekasi kedepannya lebih baik lagi.