KPU Lampung: 74 Petugas Pemilu 2024 Sakit, 7 Meninggal Dunia

waktu baca 1 menit
Petugas menunjukan surat suara Pemilu 2024. Foto/Ilustrasi

LAMPUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat sebanyak 74 petugas Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Lampung mengalami sakit, 7 di antaranya meninggal dunia. 

Adapun 7 petugas Pemilu yang meninggal tersebut, yakni 5 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan 2 Linmas. 

Komisioner KPU Provinsi Lampung Bidang Sumber Daya Manusia dan Litbang Ali Sidik mengatakan, penyebab petugas Pemilu tersebut meninggal karena sakit. 

“Ada 3 anggota KPPS meninggal saat bertugas, 1 tersengat listrik di ladang dan 1 orang meninggal jatuh dari tempat ibadah. Sedangkan, 2 Linmas meninggal karena sakit,” ujar Ali Sidik saat dikonfirmasi, Rabu (21/2/2024). 

Ali menuturkan, ketiga anggota KPPS yang meninggal tersebut berasal dari Tanggamus, Lampung Selatan dan Lampung Utara. 

“Lalu anggota KPPS tersengat listrik itu berasal dari Lampung Selatan, jatuh dari tempat ibadah dari Lampung Timur, kemudian Linmas dari Mesuji dan Lampung Selatan,” ungkapnya. 

Ali menambahkan, KPU juga memberikan santunan kepada penyelenggara yang meninggal dunia. Adapun besaran santunan yang diberikan maksimal Rp36 juta dan Rp10 juta untuk biaya pemakaman. 

“Santunan ini diberikan dengan catatan almarhum yang meninggal ini belum menerima santunan atau bentuk lainnya baik itu bpjs ketenagakerjaan atau jasa raharja yang sumbernya dari APBN,” pungkas Ali.

Berita Terkini

0
0