Atasi Banjir, Bekasi Siapkan Dua Mesin Pompa Penyedot Air

waktu baca 2 menit
Genangan di Jalan Raya Imam Bonjol, Cikarang Barat / Foto : Ist.

Komunica.id, Cikarang Pusat – Guna mengantisipasi terjadinya genangan air dan banjir saat musim hujan, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membeli sejumlah mesin pompa untuk menyedot air di beberapa titik wilayah banjir yang parah.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Binamarga dan Binakontruksi Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln mengatakan Pemerintah Kabupaten Bekasi telah menganggarkan dana untuk pengadaan dua mesin pompa besar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

Pemkab Bekasi Siapkan Mesin Pompa Penyedot Air. Foto / Ist.

“Pengadaan mesin pompa ini untuk pengendalian banjir di Kabupaten Bekasi. Mesin ini sifatnya mobile, bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain,” kata Henri beberapa waktu lalu.

Mesin pompa senilai kurang lebih Rp2 miliar ini akan dimanfaatkan untuk menyedot air di beberapa titik wilayah banjir di Kabupaten Bekasi yang parah dan kerap dikeluhkan warga.

Salah satunya seperti di Jalan Raya Imam Bonjol, Kp. Rawapalangan, Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat yang menjadi titik langganan banjir di saat musim penghujan dan mengganggu pengguna jalan akibat drainase yang terganggu.

“Pompa mobile ini paling tidak mengurangi ketinggian banjir. Ini jangka pendek,”  kata dia.

Selain itu, sambungnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga akan membuat rencana induk (masterplane) drainase yang berisi tentang perencanaan dasar drainase jangka panjang secara menyeluruh dan lebih terarah.

“Rencana induk (masterplane) drainase juga mulai kita susun tahun ini untuk jangka panjang. Jangka pendeknya dengan pompa, mudah-mudahan lancar dan bisa segera dimanfaatkan untuk mengurangi dampak banjir di sejumlah titik di Kabupaten Bekasi,” kata Henri. (Red)

Berita Terkini

0
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adv