Tragis! Anggota Brimob Polda Jabar Tewas Tenggelam di Bendungan Cihamerang

waktu baca 2 menit
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo. Foto/Polda Jabar

BANDUNG – Anggota Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Jabar Aipda Hadiyanto tewas tenggelam di Bendungan Cihamerang bekas disposal proyek Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) Kabupaten Sumedang pada pada Selasa 9 Januari 2024. 

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, peristiwa bermula pada Senin (8/1/2024) sekitar pukul 05.00 WIB, saluran lama di bawah Bendungan Cihamerang jebol imbas dari tebing tebing. 

Akibatnya debit air di bendungan surut. Kondisi ini dikhawatirkan mengancam perumahan warga. Sejumlah warga mengungsi ke tempat aman, menjauhi tersebut.

”Kemudian pada Selasa (9/01/2024) sekitar pukul 07.00 WIB, 5 personel anggota tim SAR Sat Brimob Polda Jabar datang ke Bendungan Cihamerang untuk mengecek penyebab dan dampak dari menyusutnya air bendungan tersebut,”kata Ibrahim Tompo, Kamis (11/1/2024). 

Sekitar pukul 14.00 WIB, personel tim SAR Sat Brimob Polda Jabar Aipda Hadiyanto melakukan pemantauan dengan menyelam dengan peralatan lengkap untuk mencari titik jebolnya saluran air. Sekitar 1 jam menyelam, tali pengaman yang diikatkan serasa ditarik dari bawah air.

”Tali yang masih menjulur ke atas ditarik oleh personel lain dan warga di lokasi kejadian. Setelah dapat ditarik ke atas, korban Aipda Hadiyanto diberikan pertolongan dan segera dilarikan ke RSU Sumedang. Namun personel tersebut gugur,” ungkapnya.

Almarhum Aipda Hadiyanto telah dimakamkan Rabu, (10/01/2024) secara kedinasan sebagai penghormatan terakhir dan penghargaan dari Polri atas jasa dan pengabdian almarhum untuk kembali ke haribaan Ibu Pertiwi.