Simak! Jadwal Lengkap Debat Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU

waktu baca 2 menit
Wajah Calon Presiden Indonesia 2024. Foto/Istimewa

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat Capres-Cawapres 2024 akan berlangsung di Jakarta. Debat pertama calon Presiden dan Wakil Presiden bakal berlangsung di Gedung KPU dengan konsep Townhall.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari meminta demi berlangsung lancarnya jalan debat capres dan cawapres meminta pendukung nomor urut satu, dua, dan tiga tak membawa alat peraga kampanye di area debat.

”Selain keamanan, larangan itu merupakan tata tertib yang harus dipatuhi oleh masing-masing capres dan cawapres,” kata Hasyim dalam keterangannya sebagaimana dikutip Komunica.id, Senin (11/12/2023).

Debat dibagi menjadi 6 segmen dengan total durasi 120 menit. Segmen pertama pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi, misi, dan program kerja. Lalu, segmen kedua, pendalaman visi, misi, dan program kerja. 

Kemudian segmen ketiga, pendalaman visi, misi, dan program kerja oleh moderator. Segmen keempat, sesi tanya jawab dan sanggahan. Segmen kelima, melanjutkan sesi tanya jawab dan sanggahan. Terakhir, segmen keenam penutupan.

Berikut Jadwal Debat Capres dan Cawapres:

1. Debat pertama berlangsung pada 12 Desember 2023 dengan tema Hukum, Hak Asasi Manusia, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi. Debat ini menjadi Porsi Capres.

2. Debat kedua berlangsung pada 22 Desember 2023 dengan tema Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional. Debat kedua menjadi porsi Cawapres.

3. Debat ketiga berlangsung pada 7 Januari 2024 dengan tema Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN serta APBD, dan Infrastruktur. Debat kedua menjadi porsi Capres.

4. Debat keempat berlangsung pada 21 Januari 2024 dengan tema Energi, SDA, SMN, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat. Debat kedua menjadi porsi Cawapres

5. Debat kelima berlangsung pada 4 Februari 2024 dengan tema Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-Covid Society), dan Ketenagakerjaan. Debat kedua menjadi porsi Capres.

Debat tersebut akan disiarkan di televisi nasional:

Debat Pertama: TVRI dan RRI
Debat Kedua: TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV
Debat Ketiga: MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV.
Debat Keempat: SCTV, Indosiar, dan MetroTV
Debat Kelima: TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV

Berita Terkini

0
0